Karma does Exist
Saturday, November 24, 2007
Kalau ada yang bilang bahwa hidup itu hanyalah pengulangan-pengulangan kejadian yang pernah terjadi, mau tak mau aku akan mempercayainya.

Melihat sebatang pohon yang tumbuh dengan daun-daun muda yang menggantikan daun tua yang berguguran, melihat putik-putik bunga yang mucul malu-malu setelah aku petik buah matangnya pekan kemarin. Melihat bahwa setiap langkah yang aku lakukan juga adalah pengulangan dari serangkaian langkah-langkah kecil. Mana mungkin aku akan sampai "di sana" kalau langkah-langkah kecil itu tidak aku ulang terus menerus.

Banyak yang berubah, Banyak yang datang dan pergi.

Ketika aku mulai melihat seluruh kejadian di dunia ini dengan mata yang lebih "terbuka". Ketika aku mulai menemukan secara "penuh" kesadaranku, maka aku semakin paham bahwa segala yang terjadi di dunia ini akan "terpantul" kembali kepada kita.

Banyak orang yang menganggap bahwa DIA telah "menghukumnya". Sesungguhnya manusia itu sendiri yang "menghukum" dirinya. Manusia tidak pernah sadar 100% bahwa apapun yang terjadi pada dirinya adalah tanggung jawab dirinya sendiri.

Tapi bagaimana manusia akan bertanggung jawab kala dia tidak tahu misi hidupnya diatas dunia ini. Ada yang mencari uang untuk kebahagiaan, ada yang mencari kebahagiaan buat dirinya sendiri, tapi ada juga yang tidak pernah tahu tujuan hidupnya sampai mati.

Sesungguhnya semua ini hanyalah pengulangan-pengulangan semata. Apa yang kita lakukan setiap hari sebenarnya mempunyai tujuan besar di belakangnya. Jangan pernah menyangka bahwa sesuatu yang buruk yang menimpa kita bukanlah pengulangan dari perbuatan kita di masa lalu.

Apapun yang terjadi, apakah itu baik atau buruk, manis atau pahit, seharusnya kita siap menerimanya. Karena itu hanyalah pengulangan dari semua perbuatan kita.

Jalanilah rutinitas kehidupan ini dalam keadaan sadar sepenuhnya. Jangan biarkan semuanya mengalir, sampai akhirnya kita merasa ini hanya kewajiban. Tapi juga jangan ngotot memasang target dalam menjalani pengulangan-pengulangan itu karena hanya akan menuai perasaan tidak pernah puas.

Sekecil apapun, se-sepele apapun misi hidup kita, bukan tidak mungkin akan membawa kebahagiaan abadi di dunia berikutnya.

Karma does exist ....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home