Kenapa kamu nge-Blog ?
Friday, November 02, 2007
Ini adalah pertanyaan seorang teman (yang merupakan wartawan senior sebuah koran nasional) yang baru saja membuka blogku kemarin malam. Sempat-sempatnya dia menelepon dan menanyakan pertanyaan ini hampir pada jam tidurku.. *#sigh*###

Tapi mau gak mau, aku sempat termenung untuk menjawab pertanyaannya. Iya ya bener juga.. "Kenapa aku nge-blog ?".

Nge-blog bukannya seperti menulis diary yang hanya kita konsumsi sendiri. Blog kita akan dibaca oleh puluhan bahkan ratusan orang tiap harinya. Gak nyombong ya, blog abal-abal ku ini ternyata dibaca hampir 100 orang setiap harinya di bulan Oktober kemaren..Duh, padahal isinya amat remeh temeh ya, padahal yang aku tulis hanyalah sepenggal kisah hidupku yang miskin pengalaman.. Bisakah puluhan orang yang mengunjungi blog ku setiap hari mengambil hikmah, pelajaran dari isi blog ku ?.

Ini pertanyaan yang cukup mengganggu ku. Kalo memang aku tidak bisa memberikan sesuatu kepada para pembaca blogku, buat apa aku publikasikan tulisan ku ?. Bukan kah itu jadinya terlihat hanya seperti sekedar narcis saja ?.

"Nge-blog itu ya memang harus narcis, Va" itu lagi pernyataannya. Tambah bikin pusing aja ini orang. Apakah iya "ke-narcis-an" kita bisa berguna buat orang lain ? Apa iya sisi narcisku di blog ini berguna buat pembaca blogku ?.

Tanpa sadar aku buka satu persatu postingan tulisan di blogku sejak awal aku nge-blog beberapa bulan yang lalu. "Kalo kamu baca blogku, kamu dapat sesuatu gak ?" begitu tanyaku dengan gak nyambung.

Suara diujung telepon itu hanya ngakak sekeras-kerasnya sambil berkata "Bukan itu yang aku tanyakan, Va. Tapi buat apa kamu nge-blog ?"

Sekali lagi pertanyaan itu membuat aku merenung. Selama ini aku pikir nge-blog itu ya berbagi. Berbagi pengalaman hidupku, berbagi cerita-ceritaku hari demi hari. Yang dengan berbagi cerita dan kisah itu, orang lain bisa lebih dekat mengenalku.

Tapi apakah yang aku bagi itu berguna buat orang lain ? Bisakah hari-hariku memberikan inspirasi buat orang lain ? Bisakah tulisanku memberi pengaruh buat pembaca blog ku ?.

Memang tidak ada yang salah dengan berbagi. Tapi benar seperti kata teman wartawanku itu. Bahwa berbagi pun harus punya konsep. Jangan asal berbagi, Jangan asal memberi. Memberi dan berbagi akan lebih berarti apabila apa yang kita berikan itu berguna dan punya manfaat.

Obrolan tadi malam benar-benar menyadarkanku bahwa konsumsi publik itu berbeda dengan konsumsi pribadi. Aku harus memanfaatkan semaksimal mungkin kemudahan ber-blog ria ini untuk menuliskan ide-ideku, untuk sedikit memberikan sesuatu kepada para pembaca blogku.

Siapa tahu, aku bisa mengubah hidup seseorang lewat blogku, siapa tahu aku bisa memberikan kontribus buat kemajuan bangsa ini. Cita-cita yang terlalu muluk sebenarnya. Tapi yah siapa tahu kan ?!....

Semoga aku bisa !...

1 Comments:

At November 6, 2007 at 8:25 AM, Blogger astin said...

kenapa nge blog?
kalo aku si pengen buat catatan digital aja buat anakku, biar kalo dah gede nanti dia bisa tau perkembangannya dia tu gimana, kan kalo nulis pake diari kan bisa ilang hehe...selain cari teman juga tentunya...
salut deh buat mba eva yang punya tujuan mulia...
lam kenal mba ya..

 

Post a Comment

<< Home