Yang Penting Hari Ini !
Tuesday, October 30, 2007
"Gitu aja kok repot !" begitu tanggapan saya kepada seorang teman yang tadi malam curhat berjam-jam mengenai kondisi keuangan rumah tangga dan bisnis nya..
Sang teman tadi sempet agak ngambek mendengar respon "asal" dariku tapi ketika aku jelaskan pelan-pelan barulah dia mengerti maksudku yang sebenarnya.

Kita, manusia, memang sering banget disibukkan dengan tujuan-tujuan hidup yang seakan tiada habisnya. Udah punya mobil 1 mau tambah jadi 2, udah punya gaji 10 juta mau gaji 15 juta, udah punya rumah mungil yang cantik kayaknya masih kurang mentereng dan sebagai nya dan sebagainya...

"Kecanduan tujuan", ini singkatnya. Seperti tak pernah cukup apapun yang sudah diraih hari ini. Belum mantap yang satu sudah melakukan yang lain. Belum lurus jalannya yang satu sudah ngejalanin yang lain. Semua ingin direngkuh dalam waktu singkat, semua ingin dipeluk dalam satu pelukan.

Apakah salah mempunyai tujuan atau target dalam menjalani sesuatu ?... Tidak ada yang salah dengan yang namanya target. Tapi target adalah sebuah proses, butuh waktu, butuh cucuran keringat dulu, butuh rasa bersyukur dulu. Kenapa seakan manusia begitu cepat ingin melakukan segala sesuatu ? Bukankah sesuatu itu akan manis pada waktunya ?

Kita hidup di hari ini. Pikirkan saja dulu hari ini beserta rasa syukur yang harus kita lakukan karena nya. Bukan ! ini bukan seperti orang-orang yang menghabiskan uang hasil jerih payahnya hari ini dalam semalam. Tapi "Yang Penting Hari Ini" membuat kita lebih jernih dalam menilai achievement yang telah kita lakukan saat ini pada detik ini.

"Kecanduan Tujuan" membuat manusia seakan selalu dikejar-kejar oleh target. Dan target membuat kita seakan hidup dalam kerja tak berkesudahan. Bukankah memang hidup ini untuk bekerja ?... Benarkah ?.. Benarkah tidak ada hal lain yang lebih berharga dibandingkan uang ? Benarkah tidak ada yang lebih berharga dibandingkan materi ?

"Gitu aja kok repot" , begitu kalimat pertama yang keluar dari mulutku malam tadi mengomentari keluhan panjang sahabat.

Kalo memang belum cukup untuk membeli rumah ya ngontrak aja dulu !.. Kalo memang belum cukup untuk memperbesar toko nya, ya jalani saja dulu apa yang ada !.. Kalo memang belum mampu menyekolahkan anak di sekolah terbaik, ya sekolah di sekolah yang biasa saja, tidak masalah !..Kalo memang belum bisa ya jangan dimulai !...

Bukan uang jawaban semua masalah, bukanlah materi, bukanlah besar gaji yang diterima, bukanlah anak yang cum laude, bukanlah toko yang berjejer, bukanlah semua hal ini jawaban dari semua masalah.

Kebahagiaan sesungguhnya terletak di hati kita. Kepuasan itu ada di dalam hati kita. Kesuksesan juga sebenarnya ada di dalam hati kita. Kalo kita kaya raya dengan uang berlimpah, bisnis di sana sini tapi hati kita tidak tenang, kita tidak pernah bersyukur, kita tidak pernah berbagi kepada orang lain, apakah ini yang namanya sukses ?...

Apa istimewanya uang ? Itu hanyalah alat tukar dalam jual beli. Apa istimewanya jejeran toko yang kita punyai ? Itu hanyalah status di dunia.

Semua ini hanya sementara...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home